Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan - Sinyal hilang secara tiba tiba bisa dialami oleh pelanggan smartfren GSM maupun CDMA. Karena kartu smartfren tidak ada layanan akhirnya membuat fungsi internet, nelpon, dan sms menjadi tidak berfungsi. Keadaan ini tentunya sangat mengganggu terlebih lagi bagi pengguna kartu smartfren GSM tidak ada layanan dan sinyal, padahal banyak pelanggan yang sudha berharap banyak pada provider ini.
cara mengatasi kartu smartfren tidak ada jaringan dan tidak ada sinyal
Sinyal smartfren hilang
Permasalahan internet smartfren lemot sudah biasa mengingat jaringan yang masih belum stabil, namun bagaimana dengan sinyal smartfren GSM 4g hilang tiba tiba? Tentunya kita akan bertanya tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Padahal smartfren baru saja melakukan upgrade layanan yang semula CDMA menjadi smartfren GSM 4G.

Sebagai pelanggan, kita harus menaggapi masalah kartu smartfren tidak ada sinyal ataupun sinyal hilang secara tiba tiba dengan bijak. Pasalnya terdapat kemungkinan penyebab smartfren tidak ada layanan tersebut karena human error dan bukan salah dari provider smartfren. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas penyebab kenapa kartu smartfren gsm tidak ada layanan dan sinyal smartfren gsm 4g hilang mendadak.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan

Dalam menangani masalah harus ada standar operasional yang dijalankan, standar inilah yang selanjutnya dikenal dengan istilah SOP. Tidak hanya untuk mengatasi kartu smartfren tidak ada layanan saja, melainkan untuk mengatasi berbagai permasalahan lain kita harus memiliki standar operasional.

Pertama yang harus kita lakukan sebelum memperbaiki dan mengatasi kartu smartfren gsm tidak ada layanan adalah melakukan diagnosa terlebih dahulu. Tujuannya agar kita tau penyebab masalah tersebut secara presisi dan bisa melakukan pencegahan di kemudian hari.
baca juga: Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat
Setelah kita mengetahui akar masalah kartu smartfren tidak ada sinyal barulah kita bisa mencari solusi masalah tersebut. Sayangnya tidak semua permasalahan punya solusi yang sama. Hal ini disebabkan karena penyebabnya yang berbeda.

Solusi smartfren GSM 4G tidak ada sinyal

Kartu smartfren GSM 4G yang tidak ada layanan jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan ponsel tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Hal ini tentunya akan memicu masalah beruntun lain seperti tidak bisa internetan, tidak bisa mengirim pesan dan sms, bahkan tidak bisa melakukan dial up.

Seperti yang kita ketahui smartfren telah melakukan upgrade layanan dan memunculkan kartu smartfren GSM 4G yang diklaim mampu bersaing dengan kompetitornya. Meskipun demikian, namun tetap saja terdapat kendala seperti sinyal smartfren GSM hilang, kartu smartfren tidak ada layanan dan lain sebagainya.

Penyebab kartu smartfren tidak ada sinyal tersebut bisa berasal dari berbagai faktor mulai dari jaringan smartfren yang memang belum stabil, kesalahan pengguna ataupun kartu yang rusak itu sendiri. Berikut adalah penyebab umum dan cara mengatasi kartu smartfren GSM 4G tidak ada layanan.

Kartu Smartfren harus support jaringan 4g
Penyebab gagalnya sambungan ataupun kartu smartfren tidak ada layanan adalah karena kartu tersebut tidak support 4g dan masih menggunakan jaringan 3g atuapun CDMA. Jika kartu anda merupakan salah satunya maka silahkan lakukan upgrade kartu di galery smartfren secara gratis. Mintalah pada customer service untuk ganti kartu menjadi smartfren GSM 4G.

Area belum terjangkau jaringan 4G smartfren
Anda sudah upgrade kartu dan menggunakan smartfren GSM tapi tetap saja kartu smartfren tidak ada sinyal ? bisa jadi jaringan 4g smartfren belum menjangkau daerah anda. Permasalahan ini menurut saya cukup klasik mengingat kartu smartfren GSM masih baru dan masih terus mengalami pembaruan.

Umumnya sinyal smartfren hilang akan dialami ketika kita meninggalkan daerah perkotaan dan beralih ke desa desa. Ya, smartfren belum menjangkau semua area di Indonesia. Provider ini masih mencoba mengembangkan dan mengusahakannya sembari memfokuskan kekuatan jaringan internet di perkotaan.

Pastikan ponsel sudah support 4g
Kartu sudah menggunakan smartfren GSM 4G dan sinyal 4g smartfren sudah ada? pastikan juga device atau ponsel anda juga sudah support 4G. Hal ini mungkin terdengar sepele namun masih saja banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka masih menggunakan ponsel dengan sinyal CDMA.

Solusi sinyal smartfren hilang, tidak ada layanan dan tidak stabil

Lalu bagaimana dengan kartu smartfren yang hilang sinyal ? apakah solusinya sama saja? tentu tidak. Sinyal hilang mendadak bisa mengindikasikan jaringan yang tidak stabil. Untuk mengatasinya silahkan ikuti langkah langkah berikut ini.
  1. Ketik kode rahasia *#*#4636633#*#*
  2. Centang opsi band 40 kemudian pilih set.
  3. Tap select network dan lanjutkan
  4. Pilih LTE only.
  5. Pilih Ok.
Dengan melakukan settingan tersebut membantu ponsel kita untuk menangkap sinyal 4g LTE saja dan mengabaikan sinyal lainnya. Setelah settingan selesai cobalah restart ponsel anda. Jika jaringan smartfren tidak error maka harusnya sinyal 4G smartfren akan muncul di ponsel anda.


  1. Alternatif lain ketika kartu smartfren tidak ada jaringan ataupun kartu smartfren tidak ada sinyal adalah:
  2. Cari aplikasi bernama smartfren toolkit.
  3. Masuk ke smartfren toolkit, lalu pilih ON.
  4. Restart ponsel anda.
  5. Masuk ke pengaturan dan pilih 4G LTE.
  6. restart ponsel anda kembali.
  7. Masuk ke menu setting sekali lagi, pilih jaringan CDMA.
  8. Lanjutkan ke menu setting, dan swap jaringan evdo ke evdo hybrid.
  9. Restart kembali ponsel anda, dan pilih 4G LTE hybrid ketika ponsel menyala.

Itulah beberapa cara mengatasi kartu smartfren hilang sinyal, tidak ada layanan dan jaringan tidak stabil yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Jika solusi tersebut masih belum membuahkan hasil silahkan ke galery smartfren dan jelaskan keluhan anda. pastikan juga anda menjelaskan kronologi kartu smartfren tidak ada sinyal yang anda alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel