Kenali 5 Cara Membuat Tabel di Word Beserta Tips Format dan Desainnya
Aplikasi umum yang dikenal dan dipakai untuk membuat tabel yaitu word. Padahal excel dan power point bisa juga digunakan sebagai aplikasi pilihan untuk membuat tabel. Walaupun ketiganya menghadirkan fitur pembuatan dan desain yang berbeda.
Contohnya microsoft excel, selain menyediakan pembuatan juga menghadirkan fitur pemformatan tabel kepada pengguna, bahkan opsi pengolahan lebih lanjut dari isi / data tabel seperti keperluan mendesain grafik, pengolahan data, pembuatan database, dsb bisa dengan cepat dilakukan disana.
Begitu halnya dengan power point. Walaupun fitur yang diberikan hanya standar tetapi cukup mumpuni dalam mendesain tabel sebagai pendukung presentasi. Kebanyakan tabel yang dibuat di word dan power point tidak untuk dimanipulasi dan diolah.
Meskipun demikian, pada kenyataannya tidak sedikit yang menggunakan word sebagai aplikasi utama dalam membuat tabel. Kok bisa?? Walaupun microsoft word dikenal sebagai aplikasi pengolah kata tetapi bukanlah sebuah hal aneh mengingat tabel yang dibuat di word akan diisi dengan data seadanya. Pakai excel malah jadi ribet, gonta ganti aplikasi lagi. Padahal kita menginginkan tampilan tabel yang sederhana saja.
Bila teman-teman terlanjur jatuh hati pada pemakaian word tetapi terkendala oleh karena kurang tahu menahu cara membuat tabel, tak perlu khawatir. Melalui artikel ini, saya akan memberi tutorial kepada teman-teman agar sedikit terbantu dan lebih mudah dalam membuatnya. Namun sebelumnya simaklah penjelasan berikut.
Apa itu Tabel?
Tabel adalah sekelompok garis yang dibuat secara vertikal dan horizontal dengan jarak tertentu dan saling menyilang satu sama lain sehingga membentuk kolom dan baris yang diperuntukkan sebagai penulisan data / teks / angka, pemuatan gambar, dsb. Sajian data pada tabel biasanya memberi informasi / klarifikasi dan disusun secara sistematis dan terurut menurut satuan tertentu.
Manfaat Tabel
Beberapa manfaat membuat tabel pada dokumen, yaitu:
1. Untuk memberi informasi yang ringkas kepada pembaca terkait isi / naskah dokumen
2. Sebagai data pendukung untuk keperluan desain grafik
3. Mempermudah pembaca dalam memahami bacaan
Cara Membuat Tabel di Word
Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa digunakan sebagai alternatif cara membuat tabel di dokumen Microsoft Word. Silahkan pilih salah satu metode yang menurut sobat mudah dan sesuai dengan kebutuhannya.
Menggunakan Grid Kolom dan Baris
Cara cepat / mudah dan biasa digunakan yaitu memanfaatkan grid kolom dan baris yang sudah tersedia secara otomatis. Inilah langkah-langkahnya:
Bukalah aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.
Arahkan dan letakkan kursor sesuai keinginan. Posisi kursor sebagai tempat dimulainya penyisipan tabel.
Pilih INSERT lalu klik Table, kemudian akan muncul mini toolbar yang menampilkan grid kolom dan baris tabel. Silahkan gerakkan pointer mouse ke arah kanan bawah untuk menyorot banyak kolom dan baris yang diinginkan.
Cara membuat tabel di word dengan grid kolom dan baris
Ukuran tabel yang disorot akan muncul diatas mini toolbar misalnya 6x7 Table artinya banyak kolom tabel yaitu 6 dan baris ada 7. Saat disorot, tabel langsung dibuat dan disesuaikan ukurannya secara otomatis pada lembar kerja dokumen word. Sayangnya, ukuran tabel bila menggunakan cara ini terbatas hanya sampai 10x8 saja.
Cara ini sangat efektif bila jumlah kolom dan baris tabel tidak banyak.
Jangan lupa untuk mengatur lebar kolom dan baris tabel.
Selesai!!! Lanjutkan mengetik data / teks / isi tabel.
Melalui Jendela Insert Table
Tabel yang disisip didokumen word juga dapat dibuat dengan menggunakan fitur Insert Table. Fitur ini akan ditampilkan melalui sebuah jendela dengan ukuran tabel (jumlah kolom dan baris) yang bisa ditentukan sendiri oleh pengguna.
Berikut langkah-langkah untuk membuat tabel melalui jendela insert table:
Bukalah aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.
Posisikan kursor disebuah tempat dimana sobat akan menyisipkan tabel.
Pilih INSERT lalu klik tombol Table, pada menu drop-down yang tampil silahkan pilih Insert Table
Cara membuat tabel di word dengan jendela insert table
Akan muncul jendela seperti berikut:
Jendela insert table word
Silahkan ketik banyak kolom tabel di Number of columns dan banyak baris di Number of rows
Jika sudah selesai jangan lupa klik OK untuk mengakhiri. Sekarang lembar dokumen word sobat sudah tersisip tabel. Silahkan lanjutkan dengan mengatur desain dan mengetik isi tabel..
Menggambar Menggunakan Draw Table
Alternatif lain untuk membuat tabel bisa dilakukan dengan cara menggambarnya di lembar kerja dokumen word menggunakan fitur Draw Table. Cara ini cukup efektif sebenarnya mengingat aplikasi microsoft word memberi keleluasaan kepada pengguna untuk menyesuaikan sendiri ukuran dan bentuk tabel.
Berikut langkah-langkah yang bisa sobat lakukan untuk menggambar tabel di dokumen word:
Silahkan buka aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.
Pilih INSERT lalu klik tombol Table lanjutkan dengan memilih Draw Table
Cara membuat tabel di word dengan draw table
Pilihan ini akan mengubah tampilan kursor menjadi pensil. Menggambar memang pakai pensil kan?? hehehehe
Mulailah menggambar tabel dengan cara klik kiri mouse lalu tahan kemudian geser mouse kesebelah kanan bawah.
Adapun yang menjadi canvasnya yaitu lembar kerja dokumen word. Silahkan sobat gambar tabel sesuai kebutuhan. Tabel digambar dengan garis, bisa secara vertikal maupun horizontal.
Contoh tabel yang digambar dengan draw table
Bila sudah selesai, silahkan klik bebas diluar area tabel untuk mengakhiri dan mengembalikan bentuk kursor seperti semula.
Mengonversi / Mengubah Data Teks ke Tampilan Tabel
Walaupun cara ini jarang digunakan, tetapi cukup membantu bila sobat ingin mengubah tampilan teks yang sudah diketik ke bentuk tampilan tabel. Sobat tidak lagi capek memindahkan satu per satu kata/kalimat teks yang ada ke dalam tabel.
Hanya saja, perlu sobat ketahui bahwa teks yang diubah harus disusun rapi dan teratur terlebih dahulu, kemudian dipisah dengan karakter tertentu seperti koma / tabs / hyphen / ampersand. Standarnya, jarak spasi / pemisah antar teks di word dilakukan dengan menekan tombol Tab
Berikut cara untuk mengonversi teks ke tabel, yaitu:
Bukalah aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.
Pilih teks yang akan diubah ke tabel, atau bisa juga dengan mengetik teks sederhana pada dokumen word seperti contoh berikut. Teks dipisah menggunakan karakter tabs.
Contoh teks yang diubah ke tabel
Kemudian blok atau seleksi teks, lalu pilih INSERT seterusnya Table terakhir Convert Text to Table
Cara mengubah teks word ke tabel
Akan muncul sebuah jendela. Silahkan ketik banyak kolom (biasanya terisi otomat) pada Number of columns, lalu pada bagian Separate text at silahkan klik opsi Tabs. Ini bertujuan untuk memberitahukan pada aplikasi word bahwa pemisah teks yang kita gunakan adalah tabs. Akhiri dengan mengklik OK
Pengaturan konversi tabel menggunakan karakter tabs
Hasilnya adalah teks sudah berhasil diubah / dikonversi ke tabel.
Cara konversi atau mengubah teks ke tabel di word
Lanjutkan dengan mengatur desain dan rata teks tabel.
Catatan:
Bila karakter pemisah teks yang sobat gunakan adalah koma, silahkan ikuti pengaturan berikut:
Pengaturan konversi tabel menggunakan karakter koma |
Tentukan banyak kolom di Number of columns.
Pilih AutoFit to contents untuk menyesuaikan lebar kolom dengan isi teks.
Pilih Other lalu ubah nilai di kotak teks menjadi tanda koma (,).
Klik OK untuk menerapkan.
Menyisipkan Lembar Kerja Excel
Menyisip tampilan lembar kerja excel ke word maka memungkinkan kita untuk membuat tabel dengan mudah. Lembar kerja (spreadsheet) yang disisip bisa dalam keadaan kosong ataupun sudah kian diisi data.
Berikut cara yang dilakukan untuk menyisip lembar kerja excel ke dokumen word.
Bukalah aplikasi atau dokumen word yang akan disisip lembar kerja excel, lalu atur dan letakkan kursor diawal halaman dokumen word.
Pilih INSERT lalu Table kemudian Excel Spreadsheet
Menyisipkan lembar kerja excel ke dokumen word
Hasilnya yaitu muncul spreadsheet kosong excel di dokumen word, berikut tampilannya:
Tampilan spreadsheet kosong excel di dokumen word
Silahkan isi teks / angka, lalu atur format tabel seperti bentuk tabel, warna dan gaya garis yang digunakan, dll. Jika sudah selesai diedit, klik bebas area luar tabel untuk mengembalikan ke tampilan normal dokumen word.
Opsi lain yaitu sobat bisa menyisip spreadsheet excel yang sudah berisi data. Hanya saja, pastikan bahwa sobat sudah membuat file excelnya lebih dulu dan menyimpannya di folder yang mudah sobat cari.
Sobat bisa menyisipnya dengan memilih INSERT lalu Object kemudian pilih menu drop-down Object
Memunculkan jendela Object
Akan muncul jendela Object, klik tab Create from File kemudian tombol Browse untuk memunculkan jendela Browse. Silahkan cari lokasi file penyimpanan file excel kemudian pilih dan tekan Insert. Kembali ke jendela Browse, nama file dan lokasi penyimpanannya akan terisi otomatis di bagian File name. Akhiri dengan menekan tombol OK.
Jendela Object word
Hasilnya yaitu spreadsheet excel yang telah diisi data langsung tampil didalam dokumen Microsoft Word.
Tampilan spreadsheet excel yang berisi data di dokumen word
Selesai!!!
Tips Format Tampilan Tabel Word
Tabel word yang baru dibuat umumnya memiliki tampilan yang kaku dan monoton. Untuk itu kita perlu mengatur formatnya seperti menambah lebar kolom, menghapus baris, mengedit huruf, menggabungkan sel tabel, dan lain sebagainya.
Berikut tips untuk melakukan pemformatan tabel word, yaitu:
Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris
Tabel yang baru dibuat biasanya memiliki ukuran lebar kolom dan tinggi baris yang sama. Sementara umumnya judul kolom memiliki tinggi baris yang berbeda dengan isi tabel. Ukuran ini kita bisa tambah ataupun menguranginya dengan cara:
1. Letakkan kursor di sel yang ingin ditambah lebar kolom atau tinggi baris.
2. Klik LAYOUT lalu pada grup Cell Size silahkan atur tinggi baris di bagian Height dan lebar kolom di bagian Width.
Cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris tabel word |
Mengatur Jenis dan Ukuran Huruf Tabel
Standarnya, teks pada tabel menggunakan jenis huruf Calibri (Body) dengan ukuran 11 pt. Sobat bisa mengubahnya dengan cara:
1. Seleksi seluruh tabel.
2. Kli menu HOME kemudian pilih jenis huruf yang diinginkan di bagian Font, lalu ukuran huruf di Font Size. Misalnya kita gunakan jenis huruf yang umum digunakan yaitu Times New Roman dengan ukuran 12 pt.
Mengatur Jenis dan ukuran huruf tabel |
Mengatur Perataan Teks Tabel
Secara default, rata teks tabel yaitu sebelah atas bagian kiri (Top Left). Nah, sobat bisa mengubahnya menjadi rata tengah (Center) atau rata tengah kiri (Center Left), dll. Fitur ini bisa didapatkan di menu tab LAYOUT kemudian pilih salah satu jenis perataan teks di grup Alignment.
Menambah Baris atau Kolom
Untuk keperluan tertentu, terkadang kita perlu menambah baris atau kolom tabel di awal, tengah ataupun dibagian akhir tabel. Ada 3 cara yang bisa sobat gunakan yaitu:
#1 Cara pertama: arahkan kursor keluar baris atau kolom tabel yang ingin ditambah. Untuk semua versi word biasanya sama yaitu tinggal klik tanda plus yang muncul seperti gambar berikut:
Cara pertama menambah baris atau kolom tabel |
#2 Cara kedua: letakkan kursor di sebuah sel, bisa sebelum atau sesudah baris / kolom yang ditambah, lalu klik tab LAYOUT kemudian pada grup Rows & Columns silahkan pilih salah satu opsi yang tersedia.
Insert Above : untuk menambah baris tabel ke atas
Insert Below : untuk menambah baris tabel ke bawah
Insert Left : untuk menambah kolom tabel ke sebelah kiri
Insert Right : untuk menambah baris tabel ke sebelah kanan
Cara kedua menambah baris atau kolom tabel |
#3 Cara ketiga: klik kanan disebuah sel kemudian pilih Insert lalu klik salah satu pada pilihan yang tersedia.
Insert Columns to the Left : untuk menambah kolom tabel ke sebelah kiri
Insert Columns to the Right : untuk menambah baris tabel ke sebelah kanan
Insert Rows Above : untuk menambah baris tabel ke atas
Insert Rows Below : untuk menambah baris tabel ke bawah
Insert Cells : untuk menambah sel kosong ke kiri, kanan, atas dan bawah. Penambahan sel akan mempengaruhi pergeseran pada nilai/isi sel.
Cara ketiga menambah baris atau kolom tabel |
Menggabungkan Sel Tabel
Untuk penulisan judul kolom tabel atau isian data tabel tertentu, kita perlu menggabungkan dua atau beberapa sel. Ada dua cara yang bisa kita gunakan yaitu:
#1 Cara pertama: blok atau seleksi 2 sel atau lebih kemudian klik tab LAYOUT lalu klik Merge Cells
#2 Cara kedua: pilih LAYOUT kemudian klik Eraser kemudian hapus garis pemisah antar sel yang ingin digabung.
Membagi Sel Tabel
Kita juga bisa membagi sel tabel menjadi beberapa sel. Berikut caranya.
#1 Cara pertama: letakkan kursor di sel yang ingin dibagi, kemudian klik LAYOUT lalu Split Cells. Akan muncul sebuah jendela, silahkan ketik jumlah kolom dan baris yang akan disisip didalam sel. Misalnya, sobat hendak membagi sebuah sel menjadi 3 kolom, maka ketik angka 3 di Number of columns dan angka 1 di Number of rows.
#2 Cara kedua: membagi sel dengan garis. Pilih LAYOUT lalu Draw Table, kemudian gambar garis secara tegak atau mendatar untuk membagi sel menjadi beberapa baris atau kolom.
Membagi Tabel
Bukan cuma sel saja yang bisa dibagi, tabel juga bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Caranya yaitu:
1. Letakkan kursor disebuah sel. Posisi kursor aktif akan menjadi baris pertama pada tabel yang baru dibagi.
2. Pilih LAYOUT kemudian klik Split Table
3. Sekarang tabel yang sebelumnya hanya satu telah terbagi menjadi dua. Mudahkan???
Menghapus Baris atau Kolom
Baris dan kolom tabel bisa dihapus dengan mengarahkan kursor ke luar salah satu kolom atau baris, biasanya kursor akan berubah menjadi tanda panah, kemudian klik untuk menyeleksi baris ataupun kolom yang ingin dihapus. Langkah selanjutnya, ada 2 cara yang bisa sobat gunakan, yaitu:
#1 Cara pertama: klik kanan pada area seleksi kolom atau baris kemudian klik Delete Columns atau Delete Rows.
Cara menghapus kolom tabel |
Cara menghapus baris tabel |
#2 Cara kedua: pilih LAYOUT lalu klik tombol Delete kemudian klik Delete Columns untuk menghapus kolom atau Delete Rows untuk menghapus baris.
Cara lain menghapus baris dan kolom tabel |
Menghapus Sel Tabel
Sel yang tidak digunakan / diperlukan bisa dihapus dengan cara:
1. Letakkan kursor di sel yang ingin dihapus.
2. Pilih menu LAYOUT lalu klik ▼ di bawah tombol Delete kemudian klik Delete Cells.
3. Akan muncul jendela mini yang memberikan 4 buah pilihan, silahkan pilih salah satu saja kemudian klik OK.
Shift cells left : untuk menghapus sel aktif dan mengalami pergeseran sel ke kiri
Shift cells up : untuk menghapus sel aktif dan mengalami pergeseran sel ke atas
Delete entire row : untuk menghapus baris sel yang sedang aktif
Delete entire column : untuk menghapus kolom sel yang sedang aktif
Menghapus Tabel
Tak tertutup kemungkinan tabel yang sudah dibuat tidak lagi dibutuhkan, tentu kita bisa menghapusnya. Cara menghapus tabel word yaitu aktifkan tabel yang dihapus dengan meletakkan kursor disembarang sel, kemudian klik LAYOUT lalu klik ▼ di grup Delete kemudian klik Delete Table
Tips Desain Tabel Word
Selain mengatur format, kita juga bisa melakukan opsi tambahan yaitu mendesain tampilan tabel agar lebih menarik.
Berikut tips untuk desain tabel word:
Aturlah Warna Judul Kolom Tabel
1. Seleksi baris judul kolom tabel.
2. Pilih menu tab DESIGN lalu pilih salah satu warna yang sesuai pada tombol Shading
Cara mengatur warna judul kolom tabel |
Baca juga: Cara mengulang judul kolom tabel word
Aturlah Desain Warna Isi Sel Tabel
Sobat juga bisa melakukan pengeditan keseluruhan desain warna isi sel tabel dengan otomatis, mulai dari judul kolom, warna baris atau kolom yang diselang seling, dll. Caranya yaitu:
1. Seleksi tabel.
2. Klik DESIGN kemudian atur opsi desain digrup Table Style Options kemudian klik ikon More digrup Table Styles. Akan muncul menu drop-down yang menampilkan gaya / desain tabel, silahkan pilih salah satu.
Mengatur desain warna isi sel tabel |
Aturlah Border Tabel
Agar semakin menarik, silahkan desainlah border tabel. Caranya yaitu:
1. Seleksi tabel.
2. Pilih DESIGN kemudian klik ikon kecil disudut kanan bawah grup Borders. Akan muncul sebuah jendela, lalu pili tab Borders. Silahkan atur desain border seperti Style, warna (Color) dan ketebalan border (Width). Bila sudah selesai klik OK untuk mengakhiri dan menerapkan opsi yang sudah diatur.
Cara desain border tabel |