Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah - Ketika kita cek kuota internet tentu pernah menemukan adanya kuota lokal telkomsel. Secara umum kuota lokal memang digunakan untuk berselancar di internet, mengakses sosial media, hingga bermain game. Namun masih banyak orang yang berfifik bisa menggunakan kuota lokal telkomsel sesuka hati layaknya kuota flash.
cara menggunakan kuota lokal telkomsel di semua daerah
Cara menggunakan local data telkomsel
Seperti yang kita tau, telkomsel memiliki berbagai kuota yang bisa dibilang variatif. Setiap kuota telkomsel tersebut memiliki fungsi, syarat dan ketentuan yang berbeda beda. Salah satunya adalah kuota lokal telkomsel yang notabennya termasuk dalam kuota pembagian berdasarkan daerah. Disamping itu masih ada lagi kuota flash, kuota videmax, kuota youthmax, dan kuota game.

Telkomsel memang telah menjadi pelopor paket internet murah yang memberlakukan sistem pembagian kuota. Baik itukuota lokal telkomsel dan kuota nasional, kuota siang hingga kuota malam. Namun sayangnya banyak pelanggan yang masih belum paham adanya pembagian kuota tersebut. Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas cara menggunaan kuota lokal telkomsel dan kuota lainnya.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Semua Daerah

Berdasarkan lokasinya, kuota flash telkomsel dapat dibagi menjadi dua yakni kuota lokal telkomsel dan kuota nasional. Kuota nasional merupakan kuota flash yang bisa dipakai di seluruh daerah di Indonesia. Sedangkan kuota lokal telkomsel adalah kuota flash yang hanya bisa digunakan di dearah tertentu saja. Daerah tersebut dikelompokkan berdasarkan zona kuota lokal telkomsel.

Dalam pembelian paket internet tertentu (khususnya paket combo) terdiri dari kuota internet nasional, kuota internet lokal dan beberapa kuota lainnya. Yang perlu kita garis bawahi adalah kuota lokal dan kuota nasional. Lantas apa itu kuota lokal? bagaimana cara menggunakan kuota lokal telkomsel tersebut?

Pengertian kuota lokal telkomsel

Kuota lokal bisa dibilang sebagai kuota yang hanya bisa digunakan di suatu daerah tertentu saja. Daerah tersebut sudah diatur dan dikelompokkan berdasar zona kuota lokal telkomsel. Namun biasanya kita bisa menggunakan kuota lokal telkomsel hanya di kabupaten atau kota dimana kita membeli paket tersebut.

Singkatnya kuota lokal adalah kebalikan dari kuota nasional yang bersifat reguler dan bisa digunakan di mana saja. Umumya local data telkomsel (kuota lokal) yang ditawarkan memang besar, namun kita harus siap dengan syarat dan ketentuannya. Yakni kita tidak bisa menggunakan kuota lokal telkomsel di luar daerah zona kuota lokal telkomsel.

Misalkan kita membeli paket internet dengan kuota lokal di jakarta, maka kitanya hanya bisa menggunakan kuota lokal tersebut di jakarta saja. Jika kita pergi ke bandung, aceh, dan medan kuota tersebut tidak akan bisa digunakan. Sebaliknya, kuota reguler atau kuota nasional yang akan terpakai jika kita keluar dari zona kuota lokal telkomsel tersebut.
Baca juga: Paket Internet Telkomsel 30GB 4G Sebulan Unlimited
Lalu apakah ada cara mengakali pembagian kuota telkomsel tersebut? tentu saja ada. Sayangnya tidak semua tau bagaimana cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Maka dari itu kita akan membedah studi kasus tentang local data telkomsel ini.

Fake GPS kuota lokal telkomsel

Aplikasi pengganti lokasi GPS sudah ada sejak lama dan memiliki berbagai sekali fungsi. Kita bisa memanfaatkan aplikasi pengganti GPS untuk menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Banyak sekali aplikasi pengganti lokasi GPS yang bisa kita unduh melalui playstore. Pilih saja salah satu aplikasi yang akan anda gunakan.
Baca juga: Cara Mengembalikan Paket Combo Telkomsel yang Hilang
Dengan aplikasi ini kita bisa mengakali dan mengganti lokasi kita seolah sedang ada di dalam zona kuota lokal telkomsel. Tidak banyak yang mengetahui trik ini karena dianggap berbahaya dan harus melakukan root device. Namun pada dasarnya hal tersebut tidak benar, kita masih bisa menggunakan aplikasi pengganti lokasi GPS tanpa root sekalipun.

Setting GPS kuota lokal telkomsel:

  1. Install aplikasi dari playstore.
  2. Izinkan ponsel mengakses lokasi palsu atau mock location.
  3. Buka location spoofer.
  4. Selanjutnya kita arahkan dan set lokasi dimana zona kuota lokal telkomsel berada.
  5. Tap dua kali penunjuk GPS dan tap play button di bagian bawah kanan.
  6. Selanjutnya masuk ke home dan lihatlah hasilnya.

Itulah cara mengakali zona kuota lokal menggunakan aplikasi pengganti lokasi GPS. Jika masih terdapat keraguan adakah cara menggunakan kuota lokal yang lainnya? tentu saja ada. Kita bisa menggunakan aplikasi pengganti proxy dan server.

Setting anonytun kuota lokal telkomsel
Anonytun merupakan aplikasi yang cara kerjanya hampir sama seperti pshiphon. Anonytun mampu mengganti proxy dan server dari suatu jaringan dengan memanfaatkan bug yang terdapat pada suatu provider.

Untuk bisa menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain kita bisa menggunakan anonytun. Namun sebelumnya kita harus melakukan setting aplikasi terlebih dahulu. Silahkan simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Unduh anonytun.
  2. Setting anonytun melalui menu stealth.
  3. Masuk ke menu advanced dan lakukan pengaturan kembali.
  4. Tap connect.

Sedangkan untuk pengaturan anonytun untuk mengakali zona kuota lokal telkomsel adalah:

  • Stealh tunnel: ON
  • Protocol: SSL
  • Port: 443
  • Advanced SSL: ON

Lakukan setting advanced SSL sesuai dengan settingan dibawah:

  • True SSL (anti DPI): centang
  • Spoof host: centang
  • Spoof host: telkomsel.com
  • Spoof port: 443

Selain digunakan untuk mengakali zona kuota lokal telkomsel, anonytun juga bisa digunakan untuk merubah kuota malam ke siang dan kuota lainnya. Seluruh tutorial tentang penggunaan anonytun juga sudah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Cara pakai kuota lokal telkomsel

Sebenarnya cara menggunakan kuota lokal telkomsel sudah dijelaskan ketika proses pembelian melalui menu informasi paket. Hanya saja kita yang terlalu malas untuk membaca syarat dan ketentuan telkomsel. Akhirnya ketika kita keluar dari zona kuota lokal telkomsel, kuota tersebut tidak bisa dipakai.

Maka dari itu, sebelum melakukan pembelian paket usahakan untuk memahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Jika anda tidak berencana untuk bepergian jauh dengan waktu yang lama tidak masalah membeli paket internet dengan kuota lokal telkomsel di dalamnya. Namun jika anda adalah seorang pebisnis atuapun traveler ada baiknya membeli kuota reguler saja.

Namun jika memang keadaanya mendesak kita bisa mempraktekan cara menggunakan local data telkomsel diatas. Dengan demikian kita bisa mengakses internet dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan.

Itulah artikel yang berjudul cara menggunakan kuota lokal telkomsel di semua daerah yang dapat saya sampaikan. Terimakasih telah membaca, jika terdapat keluhan dan kesulitan silahkan cantumkan melalui kolom komentar di bawah. Semoga artikel yang membahas local data telkomsel atau kuota lokal ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel