Cara Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel Hilang atau Tidak Muncul

Cara Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel Hilang atau Tidak Muncul - Sinyal internet telkomsel tidak muncul atau hilang secara tiba tiba tentu sangat mengganggu kita. Pasalnya untuk mengakses internet kita membutuhkan sinyal internet baik itu 4G ataupun 3G. Namun pada kenyataanya kita juga sering menemukan masalah seperti sinyal 4G telkomsel tidak muncul dan hilang lalu berganti menjadi E (GPRS).
cara mengatasi sinyal 4G telkomsel hilang dan tidak muncul
Sinyal 4G telkomsel tidak muncul
Terdapat banyak faktor yang menyebabkan sinyal 4G telkomsel hilang ataupun tidak muncul. Salah satunya adalah karena faktor cuaca ekstrim yang terjadi akhir akhir ini. Dampaknya ketika kita membuka internet maka akan muncul notifikasi "unable to connect to the internet". Maknanya adalah kita tidak bisa tersambung ke internet karena jaringan internet 4G tidak muncul.

Masalah sinyal 4G hilang dan sinyal 4G tidak muncul sebenarnya tidak hanya terjadi pada pelanggan telkomsel saja. Melainkan juga terjadi pada pelanggan kartu provider lain seperti axis, smartfren, tri, dan indosat. Sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahui cara mengatasi sinyal 4G telkomsel hilang.

Cara Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel Hilang atau Tidak Muncul

Hingga saat ini smartphone terus mengalami perkembangan dengan pesat. Mayoritas ponsel pintar sekarang telah dibekali dengan chipset yang mampu menangkap jaringan 4G yang merupakan jaringan internet tercepat saat ini. Namun pada kenyataanya persebaran jaringan 4G tersebut belum merata.

Hal tersebut dibuktikan dengan masih belum stabilnya internet pada setiap provider. Akibatnya pelanggan sering mengalami sinyal 4G telkomsel hilang dan tidak muncul pada hp. Maka dari itu dibutuhkan sebuah jalan penyelesaian agar kita bisa menggunakan internet secara lancar.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul. Lantas apa penyebab masalah ini? Silahkan simak dalam penjelasan di bawah.

Setting Sinyal telkomsel 4G only

Salah satu penyebab sinyal telkomsel hilang adalah karena jaringan yang tidak stabil. Hal ini sering dirasakan di daerah pedesaan atau pinggiran kota yang notabennya minim sinyal 4G. Maka dari itu kita harus melakukan setting jaringan internet secara manual untuk memunculkan sinyal 4G telkomsel.

Pada dasarnya default jaringan internet pada ponsel adalah edge, 3G dan 4G. Namun kita bisa menyeting sinyal internet telkomsel menjadi 4G only agar tetap stabil. Pada intinya ponsel kita hanya akan membaca jaringan 4G telkomsel saja dan mengabaikan jaringan edge dan 3G. Lalu bagaimana cara setting jaringan telkomsel agar menjadi 4G only?
Ketika sinyal 4G telkomsel hilang dan tidak muncul kita bisa mengubah prioritas jaringan melalui menu pengaturan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tutorial di bawah ini:
  1. Buka menu ponsel.
  2. Masuk ke pengaturan.
  3. Masuk ke pengaturan jaringan.
  4. Pada menu jaringan ponsel pilih 4G only.
Selanjutnya silahkan restart hp anda atau lakukan refresh jaringan agar setting sinyal telkomsel 4G only yang kita lakukan bekerja. Setiap ponsel memiliki pengaturan jaringan yang berbeda beda. Namun konsep dan prinsipnya adalah sama yakni menjadikan jaringan 4G telkomsel menjadi jaringan prioritas.

Setting APN telkomsel

Salah satu penyebab sinyal 4G telkomsel tidak muncul adalah karena pengaturan APN yang salah. Umumnya APN digunakan untuk mempercepat internet pada hp. Sayangnya, pengaturan APN yang salah dapat menyebabkan masalah yang fatal. Salah satunya adalah membuat sinyal 4G hilang.
Cara Setting APN Telkomsel 4G Unlimited Tercepat
Maka dari itu lakukanlah pengaturan APN telkomsel yang benar. Terdapat banyak sekali tutorial tentang cara setting APN telkomsel. Namun sejatinya telkomsel sudah memiliki pengaturan APN default atau bawaan. Dengan melakukan reset APN menjadi default kita bisa memperbaiki kesalahan pengaturan APN.

Cara reset APN sangatlah mudah, silahkan simak tutorial reset APN di bawah ini:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Setelah berada di pengaturan masuk ke jaringan.
  3. Selanjutnya pilih menu APN (access point name).
  4. tap tombol reset di bagian bawah.
Namun jika kita tetap ingin mempercepat internet telkomsel dengan APN silahkan lakukan pengaturan dengan benar. Usahakan untuk mencari server dan proxy apn yang masih bisa digunakan. Anda bisa menemukan artikel tentang cara setting APN untuk mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul di artikel sebelumnya.

Nyalakan mode pesawat

Ketika sinyal 4G telkomsel tidak muncul kita bisa ganti jaringan dengan cara menyalakan mode pesawat terlebih dahulu. Dengan demikian jaringan kita akan diperbarui secara otomatis. Mode pesawat sendiri sebenarnya adalah fitur untuk mematikan jaringan dan sinyal secara total. Jadi setelah kita mengaktifkan mode pesawat maka ponsel tidak akan tersambung ke internet.

Meskipun sinyal 4G telkomsel hilang ketika mengaktifkan mode ini kita tidak perlu khawatir. Pasalnya ketika kita menonaktifkan mode pesawat maka jaringan akan kembali seperti semula. Maka dari itu kita bisa mencoba refresh jaringan 4G telkomsel yang tidak muncul melalui mode pesawat.
Baca juga: Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat
Fitur mode pesawat bisa kita temukan melalui menu pengaturan. Selanjutnya pilih pengaturan jaringan dan nyalakan mode pesawat setelah itu matikan kembali. Atau kita bisa langsung mengaktifkan mode pesawat melalui panel shortcut di desktop ponsel kita dengan mengusap layar ke bawah.

Beralih ke tempat terbuka

Taukah anda salah satu penyebab sinyal 4G telkomsel tidak muncul adalah karena tidak bisa menjangkau daerah tertutup. Hal ini mungkin terdengaar agak aneh, namun faktanya memang demikian. Sinyal 4G terkadang tidak bisa menembus atau menjangkau daerah atau ruangan tertutup.

Misalnya saja ketika kita dirumah. obalah membandingkan kualitas sinyal 4G telkomsel di kamar mandi dan di ruang tamu, tentu hasilnya akan berbeda. Maka dari itu ketika anda mendapati sinyal 4G telkomsel hilang secara tiba tiba, cobalah untuk beralih tempat menuju tempat terbuka. Selanjutnya tunggulah sinyal 4G telkomsel muncul kembali seperti sediakala.

Pastikan kartu dan ponsel sudah support 4G

Ketika kita ingin menggunakan jaringan 4G tentu kita harus memiliki perangkat yang sudah support 4G. Akan sangat lucu jika ponsel dan kartu kita tidak support 4G namun kita tetap ingin menggunakan jaringan tersebut.

Dalam beberapa kasus penyebab sinyal 4G telkomsel tidak muncul di hp android adalah karena kartu dan ponsel yang belum support. Terkadang orang lupa melakukan cek device apakah device mereka bisa 4G atau tidak.

Jika kartu anda masih tergolong kartu telkomsel lama maka lakukan upgrade kartu menjadi 4G. Setelah itu lakukan pendaftaran ulang kartu seperti biasanya. Barulah kita bisa menikmati internet dengan sinyal 4G telkomsel.

Restart HP

Solusi terakhir ketika semua cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul adalah dengan mengaktifkan ulang ponsel kita. Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa kita pakai sebelum melakukan diagnosa kerusakan hardware.

Kita bisa melakukan restart ponsel secara manual seperti biasanya. Jika cara ini tidak bekerja maka lakukan diagnosa kerusakan hardware. Bisa saja sinyal 4G telkomsel hilang disebabkan karena rusaknya perangkat yang berfungsi menangkap sinyal internet.

Itulah beberapa cara mengatasi sinyal 4G telkomsel tidak muncul yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Sebenarnya sinyal 4G hilang bukan hanya dialami oleh pelanggan telkomsel saja. Melainkan bisa dialami oleh semua provider baik itu axis, smartfren, indosat dan XL. Namun secara garis besar solusi ketika sinyal 4G tidak muncul atau hilang tetap sama saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel