Penyebab dan Solusi Paket Unlimited Smartfren Lemot

Penyebab dan Solusi Paket Unlimited Smartfren Lemot - Pernahkah anda menemui paket internet unlimited smartfren menjadi lemot ? Masalah ini tentu sangat menjengkelkan. Pasalnya koneksi internet smartfren yang biasanya cepat tiba tiba menjadi lemot bahkan tidak bisa connect internet sama sekali. Tentunya paket unlimited smartfren lemot tersebut ada penyebabnya. Dan setiap ada masalah paket internet smartfren tentunya terdapat solusi.
Penyebab dan Solusi Paket Unlimited Smartfren Lemot
Koneksi internet smartfren lemot
Pada dasarnya paket internet smartfren unlimited memang dirancang untuk bisa mengakses internet bahkan tanpa kuota sekalipun. Namun bukan berarti kecepatan pada internet smartfren tersebut dapat stabil. Pada kenyataanya sering ditemukan paket unlimited smartfren lemot ketika menggunakan internet. Lantas apa penyebabnya? lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi masalah ini kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Penyebab dan Solusi Paket Unlimited Smartfren Lemot

Smartfren merupakan salah satu provider yang menyediakan paket internet unlimited. Dipelopori oleh jaringan 4G LTE yang baru pada kartu smartfren GSM, provider ini banyak menarik minat konsumen. Namun sayangnya masih banyak segi yang harus ditingkatkan oleh smartfren.

Berbagai permasalah sering muncul pada kartu smartfren baik itu smartfren GSM 4G ataupun CDMA. Masalah yang sering muncul pada kartu GSM adalah paket unlimited smartfren lemot pada mifi ataupun ponsel. Hal ini tentu sangat mengganggu pelanggan karena tidak bisa menikmati paket internet unlimited smartfren secara maksimal.

Kuota FUP telah habis
Smartfren merupakan provider yang mengaplikasikan penggunaan kuota FUP dalam paket internet unlimited. Kuota FUP sendiri adalah batasan kuota utama yang digunakan untuk mengakses internet. Singkatnya, jika kuota utama ini habis maka koneksi internet smartfren menjadi lemot.

Jadi jika paket unlimited smartfren lemot bisa jadi karena kuota FUP anda telah habis. Namun meskipun kita sudah mencapai batas FUP, namun kita masih bisa mengakses internet, hanya saja koneksinya terasa lemot.

Cara mengatasi internet smartfren lemot karena FUP adalah dengan melakukan pembelian ulang paket unlimited. Alternatif lainnya adalah melakukan upgrade FUP menjadi lebih banyak lagi. Terkadang habisnya kuota FUP tidak disadari oleh pelanggan, maka dari itu banyak dari mereka yang bertanya tanya kenapa paket unlimited lemot padahal masa berlaku masih ada. Maka dari itu, cobalah lakukan pengecekan kuota FUP terlebih dahulu.

Setting APN smartfren
Penyebab lain koneksi internet smartfren lemot adalah karena server APN smartfren masih default atau salah dalam mengatur APN. APN sendiri merupakan singkatan dari access point name, fungsinya adalah untuk menjembatani ponsel dengan internet. Jika APN tersebut salah atau server padat maka paket unlimited smartfren menjadi lemot.
Baca juga: Cara Setting APN Smartfren 4G Unlimited Tercepat
Solusi dari masalah ini adalah dengan melakukan setting APN smartfren tercepat. Terdapat banyak sekali tutorial setting APN di internet yang dapat kita terapkan. Kuncinya adalah mencari server dan port yang memiliki ping tercepat.

Dalam artikel sebelumnya juga telah kita bahas bagaimana cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot dengan setting APN. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan baca artikel sebelumnya yang sudah saya cantumkan diatas.

Smartfren gangguan
Smartfren tergolong provider yang masih baru dalam penggunaan jaringan 4G. Pada mulanya provider ini hanya menyediakan paket unlimted smartfren CDMA saja. Namun sekarang layanan smartfren telah diupgrade sedemikian rupa untuk mengikuti arus perkembangan jaman.

Karena masih tergolong beta atau masih baru, akhirnya banyak kendala yang dialami oleh smartfren. Kendala umumnya adalah paket unlimited smartfren lemot karena sering terjadi gangguan teknis pada server internal smartfren.
Baca juga: Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal dan Tidak Ada Layanan
Selain itu persebaran jaringan 4G smartfren juga belum sepenuhnya menyeluruh. Hal ini juga menjadi penyebab internet smartfren lemot di beberapa daerah. Maka dari itu smartfren masih perlu melakukan pembenahan, khususnya di bidang jaringan agar tetap bisa bersaing dengan provider lainya.

Tidak ada solusi pasti untuk masalah yang satu ini. Pasalnya gangguan smartfren terjadi pada sektor internalnya, jadi tidak mungkin pelanggan bisa memperbaikinya sendiri. Solusi terbaik adalah menunggu jaringan smartfren stabil kembali atau melakukan komplain pada customer service.

Internal HP full
Tidak jarang kita menemukan kasus koneksi internet smartfren lemot karena internal hp yang full. Ketika internal HP full karena terlalu banyak file disimpan dan prosesor yang terlalu banyak memproses aplikasi maka ponsel akan menjadi lemot. Hal inilah yang akjirnya mempengaruhi performa ponsel kita sehingga seolah paket unlimited smartfren lemot.

Padahal masalahnya bukan berasal dari paketannya ataupun jaringan smartfren. Masalah utamanya berasal dari ponsel kita sendiri yang sudah kelebihan memory. Maka dari itu kita harus membersihkan aplikasi usang yang sudah tidak terpakai. Kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti clean master yang memang berfungsi menghapus memory tidak terpakai pada ponsel.

Itulah berbagai penyebab paket unlimited smartfren lemot yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Ketika kita menemui internet smartfren lemot jangan panik karena setiap masalah tentu ada jalan keluarnya. Namun sebelum kita mencari jalan keluar tersebut, pertama kita harus menemukan penyebab permasalahannya terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel